Platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP) adalah platform teknologi yang mengotomatiskan pembelian ruang iklan dan iklan dan membuatnya lebih efisien menggunakan algoritme yang berbeda. Platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP) menggabungkan inventaris dari berbagai sumber, seperti [ad exchange |ad exchange networks – jaringan pertukaran iklan], [jaringan iklan | jaringan iklan], dan platform sisi jual (sell-side platforms – SSP), dan menghitung harga dan kemampuan pengiriman berdasarkan pengiklan pada data dari jaringan ini dan penawaran waktu nyata.
Platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP) dimaksudkan untuk mengoptimalkan pembelian inventaris dan memberi pembeli kesempatan untuk menggunakan informasi yang berbeda untuk diri mereka sendiri secara otomatis. Sasarannya adalah untuk meningkatkan efisiensi kampanye dan memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan di tempat yang paling masuk akal bagi pembeli, misalnya dengan jangkauan sebesar mungkin di berbagai jaringan periklanan dan harga maksimum yang telah ditentukan sebelumnya untuk iklan tersebut. Beberapa Demand Side Platform – DSP menyediakan opsi untuk penargetan dan penargetan ulang serta antarmuka untuk menautkan layanan ini ke infrastruktur Anda sendiri.
Platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP) dimaksudkan untuk mengoptimalkan pembelian inventaris dan memberi pembeli kesempatan untuk menggunakan informasi yang berbeda untuk diri mereka sendiri secara otomatis. Sasarannya adalah untuk meningkatkan efisiensi kampanye dan memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan di tempat yang paling masuk akal bagi pembeli, misalnya dengan jangkauan sebesar mungkin di berbagai jaringan periklanan dan harga maksimum yang telah ditentukan sebelumnya untuk iklan tersebut. Beberapa Demand Side Platform – DSP menyediakan opsi untuk penargetan dan penargetan ulang serta antarmuka untuk menautkan layanan ini ke infrastruktur Anda sendiri.
Apa itu Platform Sisi Permintaan (Demand Side Platform – DSP)
Dulu, pembelian inventaris dilakukan oleh orang-orang. Mereka memilih jaringan, menentukan tawaran maksimum, dan memberikan kriteria untuk menayangkan iklan ke kelompok sasaran. Langkah-langkah ini diotomatiskan dengan platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP). Demand Side Platform – DSP menggabungkan berbagai jaringan dan inventaris yang ditawarkan di sana. Ini juga menghitung harga inventaris berdasarkan data RTB dan menggunakan anggaran pengiklan untuk membeli inventaris.
Proses ini berbasis lelang. Pengiklan menentukan batas atas, dan Demand Side Platform – DSP kemudian menyediakan inventaris iklan yang disediakan oleh SSP dan jaringan iklan. Pengiklan juga dapat menentukan segmentasi dan kriteria lain sehingga iklan yang dibeli digunakan dengan bijaksana. Bergantung pada platformnya, data demografis, riwayat pencarian, kata kunci yang dimasukkan, dan data perilaku pengguna lainnya dibaca dengan cookie dapat digunakan untuk mengontrol penempatan iklan.
Penyedia platform sisi permintaan
Penyedia platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP) yang diketahui meliputi:
Invite Media
MediaMath
Turn
DataXu
X+1
DoubleClick
AppNexus
StackAdapt
Triggit
Bagaimana Cara Kerja Demand Side Platform
Platform sisi permintaan (Demand Side Platform – DSP) pada dasarnya adalah penyedia layanan dan teknologi. Penawaran ini ditujukan untuk agensi dan pengiklan. Ini adalah sisi permintaan dan membutuhkan ruang iklan dan iklan. Situs web yang ditawarkan adalah jaringan iklan, jaringan pertukaran iklan, dan platform sisi suplai (SSP). Penayang ini membuat tayangan iklan tersedia di sisi permintaan dengan menawarkannya di pasar. Agensi dan pengiklan dapat menggunakan Demand Side Platform – DSP untuk membeli iklan bergambar, video, seluler, dan penelusuran. Biasanya tayangan iklan dirujuk di sini. Pembeli ditawarkan dua fitur Demand Side Platform – DSP utama sebagai keuntungan:
Demand Side Platform – DSP memiliki akses ke beberapa jaringan iklan yang menghasilkan lebih banyak tayangan.
Demand Side Platform – DSP memungkinkan akses langsung ke penawaran waktu nyata dari jaringan ini, yang berarti bahwa harga per tayangan secara otomatis ditentukan oleh perbandingan penawaran dan permintaan.
Ini memungkinkan pembeli untuk memilih harga inventaris terbaik dan memanfaatkan jangkauan beberapa jaringan iklan. Pembeli memberikan sistem Demand Side Platform – DSP masukan yang sesuai dan sistem melakukan pembelian inventaris menggunakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Kriteria ini biasanya dapat dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi kampanye. Umpan balik dari sistem terdiri dari pengukuran keberhasilan dengan KPI yang diketahui seperti klik, penjualan, atau prospek. Biasanya, metrik ini terus dipantau untuk memverifikasi hasil sistem otomatis.
Relevansi praktis
Ada perbedaan umum antara platform swalayan dan platform layanan lengkap:
Demand Side Platform – DSP swalayan: Pengiklan dan agensi membuat perjanjian penggunaan dengan penyedia dan bertanggung jawab untuk mengontrol alat dengan tim mereka sendiri. Mereka harus memiliki pengetahuan luas dalam pemasaran online dan terutama penawaran waktu nyata.
Demand Side Platform – DSP layanan penuh: Pengiklan dan agensi tidak membutuhkan tim mereka sendiri untuk memesan iklan. Penyedia Demand Side Platform – DSP mengontrol alat tersebut dan melakukan tugas-tugas seperti pembelian, penayangan iklan, pemantauan, dan pengoptimalan dengan berkonsultasi dengan pelanggan.
Mirip dengan penawaran waktu nyata, pengetahuan yang akurat tentang proses ini penting ketika Demand Side Platform – DSP swalayan digunakan, jika tidak, penargetan kampanye tidak akan efisien. Jika masukan tidak sesuai atau salah, anggaran dapat dibelanjakan tanpa efek iklan. Entah biro iklan menerapkan persyaratan pelanggan dengan kompeten atau pengiklan tahu persis apa yang dia lakukan dengan tombol penyesuaian individual. Tawaran harus dikeluarkan, kriteria untuk segmentasi harus ditentukan, dan ruang iklan mungkin harus disertakan atau dikecualikan untuk mencegah iklan yang buruk.
Platform sisi permintaan dalam arti sebenarnya dari kata tersebut (Demand Side Platform – DSP layanan penuh) menawarkan antarmuka pelanggan, API, dan antarmuka pengguna grafis agar dapat menggunakan keunggulan teknologi platform secara efektif
0 Komentar
Pesan Formulir Komentar Terima Kasih